Novel

Clockwork Angel – Buku Satu The Infernal Devices

clockwork-angel_cassandra-clare

Aku sudah lama sekali penasaran dengan novel ini. Berulang kali melihatnya di toko buku dan lebih sering lagi di rak perpusda tapi, selalu kulewati. Itu karena Clockwork Angel adalah buku pertama dari entah berapa seri dan tak ada novel lanjutannya di perpusda. Satu hal menyebalkan yang sering kujumpai di perpusda. Jadi, resikonya jika aku meminjam buku ini adalah aku tak akan bisa membaca membaca novel-novel berikutnya kecuali aku mencari pinjaman di tempat lain atau membelinya. Aku mengambil resiko itu hari Minggu lalu, bersamaan dengan aku meminjam Fire.

Belakangan aku tahu bahwa Clockwork Angel adalah buku pertama dari tiga seri, lebih tepatnya trilogi The Infernal Devices, karya Cassandra Clare. Alasan lain aku begitu lama urung untuk meminjam buku ini adalah karena ketebalannya, 644 halaman, cukup tebal dan berat. Dan ternyata aku sudah pernah pinjam entah kapan, tapi sepertinya waktu itu aku tak sempat membaca, jadi Ibunda yang baca. Semua novel yang aku pinjam dari perpusda, Ibunda juga ikut baca.

“SIHIR MEMANG BERBAHAYA—TAPI CINTA TETAP LEBIH BERBAHAYA”

Kutipan dari sampul belakang Clockwork Angel. Penekanan terhadap “cinta” adalah poin kesekian yang membuatku agak enggan meminjam buku ini. Aku membaca novel fantasi karena, yah, fantasinya.

Untuk cerita dengan latar tahun 1870an menurutku gaya bahasa yang digunakan terlalu modern. Memang sih tokoh-tokoh utamanya anak muda, tapi tetap saja. Semakin jauh aku membacanya, aku berusaha membayangkan London zaman itu dengan gaya berpakaian saat itu yang agak sulit aku lakukan. Aku perlu sering mengingatkan diri bahwa saat itu di London, tahun 1870an. Lalu, aku pun berpikir bahwa aku pasti akan lebih menikmati untuk menonton filmnya dibandingkan membacanya.

Jalan ceritanya sendiri menarik. Tessa yang datang ke London dari New York untuk bertemu kakaknya, Nathaniel, malah dikurung oleh dua bersaudari kejam dan menghadapi berbagai keanehan. Tessa diselamatkan dan dibantu oleh para Pemburu Bayangan yang adalah keturunan malaikat untuk menemukan kakaknya. Pencarian yang dilakukan ternyata mengarahkan mereka ke sebuah penemuan yang mengejutkan tentang persekongkolan makhluk gaib Dunia Bawah untuk menentang para Pemburu Bayangan yang menjaga keamanan di Dunia Bawah.

Aku sebenarnya mengharapkan lebih banyak pengejaran dan pertarungan dengan iblis, sayangnya tidak terjadi, ada sih tapi hanya dalam porsi kecil. Walaupun begitu, ada banyak makhluk gaib. Makhluk setengah iblis atau terkena penyakit iblis. Contohnya warlock adalah setengah iblis. Vampir dan manusia serigala adalah makhluk yang terkena penyakit iblis. Tessa sendiri kemungkinan adalah warlock.

Aku pun bertanya-tanya tentang clockwork angel milik Tessa, malaikat yang terbuat dari mesin jam yang dijadikan bandul kalung oleh Tessa, judul dari novel ini, yang tak banyak berperan. Memang sering disebutkan bahwa clockwork angel tersebut jadi semacam jimat untuk Tessa dan menenangkannya karena bunyi detik mesin jamnya. Benda itu ternyata juga benda ajaib yang baru menunjukkan keajaibannya mendekati akhir cerita. Sepertinya mubazir dijadikan judul kalau porsinya dalam cerita kecil sekali, malah hampir tak ada pengaruhnya.

Sekali lagi, aku pasti lebih senang untuk menonton filmnya. Tokoh-tokohnya keren. James dan Will dijelaskan sebagai dua laki-laki tampan, selayaknya setengah malaikat. Para vampirnya memukau, selayaknya vampir (di kebanyakan cerita). Bukan hanya karena ingin melihat mereka secara langsung, tapi karena bisa dibilang “aku menonton filmnya saja sudah cukup, tak perlu membaca novelnya”. Ya, begitulah.

Aku menyelesaikan Buku Satu The Infernal Devices ini dalam dua hari dengan agak bosan. Kemungkinan karena efek membaca novel dengan jeda yang sangat singkat. Seharusnya kubiarkan cerita dari novel sebelumnya mengendap dulu beberapa hari, baru membaca novel lain.

Leave a Reply

