Antologi Cerpen

Laba-laba ~ Kumpulan Cerpen

laba-laba_gus-tf-sakai

Aku jarang membaca kumpulan cerpen, hanya kalau sedang ingin saja. Saat ke perpusda hari Sabtu (31 Desember) lalu aku menemukan sebuah kumpulan cerpen Laba-laba, karya Gus tf Sakai. Endorsement di sampul belakangnya cukup membuatku tertarik, atau karena aku memang sedang ingin membaca sesuatu yang berbeda.

Aku terkagum setelah membaca satu judul cerpennya, lalu membaca biografi di halaman belakang, siapakah Gus tf Sakai ini.

Gus tf Sakai, dilahirkan 13 Agustus 1965 di Payakumbuh, Sumatra Barat, dari ayah Bustamam dan ibu Ranjuna. Selepas SMA di Payakumbuh, ia melanjutkan studinya di Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang, dan tamat 1994. Mulai menulis prosa pada usia 13 tahun, sejak sebuah cerita pendeknya memenangkan Hadiah I pada sebuah lomba.

Setelah itu dituliskan bahwa Gus tf Sakai sering mengikuti lomba dari berbagai media dan mendapat penghargaan atas karya-karyanya. Laba-laba adalah kumpulan cerpennya yang ketiga setelah Istana Ketirisan (Balai Pustaka, 1996) dan Kemilau Cahaya dan Perempuan Buta (Gramedia, 1999) yang memenangkan Hadiah Sastra Lontar 2001 dan penghargaan sastra Pusat Bahasa 2002.

Seperti endorsement  yang ditulis oleh Goenawan Mohamad di sampul belakang buku, cerpen dalam Laba-laba adalah cerpen situasi yang membangkitkan sebuah suasana. Aku benar-benar merasakannya saat membaca setiap cerpen yang ada, semuanya 14 cerpen.

Cerpen-cerpennya cenderung suram, juga misterius. Beberapa mengangkat tentang adat suatu daerah di Indonesia dan kemistisannya, serta perubahan yang terjadi di dalamnya. Tipe cerita yang aku senangi belum lama ini. Mengingatkanku bahwa Indonesia kaya akan suku dan adat istiadat yang bisa diolah menjadi cerita yang menarik. Gus tf Sakai tak hanya mengangkat daerah asalnya, tapi juga daerah lain di Indonesia seperti Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s