Novel

Little Men – Louisa May Alcott

little-men_louisa-may-alcott

Little Men merupakan buku ketiga dari seri Little Women karya Louisa May Alcott. Kisah klasik ini bercerita tentang sekolah khusus anak-anak yang didirikan Bapak dan Ibu Bhaer di Plumfield. Kedua orang baik hati itu mengasuh anak-anak lelaki dan beberapa anak perempuan.

Ada beragam ulah anak-anak yang diceritakan di buku ini. Kita juga diajak untuk mengenal karakter tiap anak yang berbeda satu sama lain. Nat yang pemalu dan pandai bermain biola, Tommy yang pandai berbisnis dan mudah bergaul dengan siapa saja, Stuffy yang gemar makan, Demi yang cerdas dan suka berimajinasi, Daisy—kembaran Demi—yang baik hati dan lemah lembut, Nan yang tomboi dan selalu ingin dilibatkan dalam semua permainan anak lelaki, Dan yang besar di jalanan dan punya minat khusus pada alam, serta anak-anak lain yang meramaikan Plumfield.

Kesabaran dan kasih sayang dari Pak dan Bu Bhaer dalam mendidik dan menghadapi mereka sangat menginspirasi. Selain belajar di kelas, hari-hari di Plumfield diisi juga dengan kegiatan-kegiatan seperti berkebun, pesta kecil-kecilan, dan merawat hewan-hewan peliharaan. Beberapa bagian cerita membuat saya terharu. Tapi ada juga bagian yang menurut saya terlalu berlebihan, terutama jika menyangkut Bess, gadis kecil berambut pirang yang jadi kesayangan semua orang. Dia putri kecil yang membuat semua anak ingin selalu dekat dengannya dan menyenangkan hatinya.

Saya perlu waktu lumayan lama—sekitar dua minggu—untuk membaca Little Men. Di hari-hari awal saya bisa membaca beberapa bab sekaligus, tapi lama-kelamaan jadi jenuh. Mungkin karena hampir tiap babnya bisa dibilang berdiri sendiri walaupun secara keseluruhan saling berkesinambungan. Konfliknya pun sederhana saja karena bercerita tentang hari-hari di Plumfield. Jadi, saya lebih bisa menikmati ceritanya saat membaca satu bab setiap hari.

 

Detail Buku:

Little Men oleh Louisa May Alcott

diterbitkan 2011 oleh Penerbit Atria

(pertama kali diterbitkan 1871)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s