Novel

Madicken dan Lisabet – Astrid Lindgren

madicken-dan-lisabet

Saya sering sekali mendengar tentang Astrid Lindgren dan buku-bukunya. Penulis asal Swedia ini sangat populer dengan cerita anak-anak. Namun, saya jarang membaca karyanya jika dibandingkan dengan karya Enid Blyton dan Roald Dahl. Pippi Longstocking merupakan novelnya yang tidak selesai saya baca. Lucu sih, tapi tingkah gadis kecil itu agak berlebihan menurut saya. Mungkin kapan-kapan saya mau baca lagi. Madicken dan Lisabet direkomendasikan oleh adik saya karena menurutnya saya pasti suka.

Madicken dan Lisabet adalah kakak beradik yang manis dan ceria walaupun kadang berkata-kata sesuka hati mereka. Tempat tinggal mereka disebut Junibacken, di rumah merah di tepi sungai bersama kedua orang tua mereka dan Alva, seorang gadis pembantu rumah tangga yang sangat sayang pada kedua gadis kecil kebanggaan Junibacken.

Tetangga mereka adalah Bapak dan Ibu Nelsson dan putra mereka, Abbe, yang pandai membuat kue manis. Madicken sering berkunjung ke rumah mereka dan mengobrol dengan Abbe. Pak Nelsson lebih sering mabuk-mabuk sementara Bu Nelsson yang bekerja menjual kue manis buatan Abbe. Menurut saya sangat menarik bagaimana keluarga Nelsson diceritakan dari sudut pandang gadis kecil yang dengan tulus menyayangi mereka.

Banyak kejadian lucu dan menyenangkan yang dialami Madicken dan Lisabet, ada juga yang menegangkan. Komentar-komentar yang mereka lontarkan kadang tidak masuk akal dan bikin ketawa. Paling seru mengikuti kisah Madicken dan teman sekelasnya, Mia. Mereka sering bertengkar dan berkelahi, bahkan saling tantang untuk berjalan di atap sekolah. Tapi berkat kutu rambut, mereka pun menjadi akur. Kisah yang manis sekali.

 

 

Detail buku:

Madicken dan Lisabet oleh Astrid Lindgren

Diterbitkan 2003 (cetakan ketiga) oleh Gramedia Pustaka Utama

Pertama kali terbit 1976, Stockholm

Leave a Reply

