Novel

Konrad si Anak Instan – Christine Nöstlinger

Konrad Si Anak Instan

Mrs. Berti Bartolotti mendapat kiriman paket berukuran besar. Ia tak tahu apa isi paketnya. Walaupun ia memang sering mengirim formulir dan kupon barang, ia merasa tak pernah memesan apapun dengan ukuran sebesar itu yang beratnya sekitar 20 kg. Ia membuka tutup kaleng dan sangat terkejut mendapati seorang anak di dalamnya. Anak laki-laki itu bernama Konrad, usianya tujuh tahun. Dan ia anak instan buatan pabrik, lengkap dengan surat-surat.

Mrs. Bartolotti merasa senang karena tiba-tiba mendapat anak. Apalagi Konrad bukan anak biasa, ia manis, baik hati, penurut, dan sangat pintar. Anak laki-laki idaman setiap orang tua. Mrs. Bartolotti sangat menyayangi Konrad, demikian juga sebaliknya walaupun Mrs. Bartolotti bukan tipe ibu yang baik. Suaminya sudah lama pergi entah ke mana, ia dipandang sebagai wanita aneh oleh orang-orang di sekitarnya karena penampilannya nyentrik. Ia juga tak tahu apa yang benar-benar dibutuhkan anak laki-laki berusia tujuh tahun.

Namun, untunglah ada Mr. Egon, apoteker sahabat Mrs. Bartolotti yang ingin menjadi ayah Konrad dan memahami betul kebutuhan anak laki-laki berusia tujuh tahun. Seperti sekolah beserta perlengkapannya, pergi berjalan-jalan, dan makanan sehat.

Kehidupan Konrad di sekolah tak berjalan semulus yang diharapkan walaupun ia anak yang pintar dan penurut. Gurunya menyukainya, tapi tidak teman-temannya. Konrad tak bisa jadi bandel seperti anak-anak lain, itu masalahnya. Hanya Kitti, anak perempuan yang tinggal satu lantai di bawah tempat tinggal Mrs. Bartolotti yang menjadi temannya.

Suatu hari sebuah surat berwarna biru datang. Surat yang memberitahukan bahwa Konrad salah kirim dan harus dikembalikan ke pabrik. Apa yang harus dilakukan Mrs. Bartolotti? Relakah ia mengembalikan Konrad? Sedangkan Konrad sendiri ingin tetap tinggal.

“Situasi yang luar biasa memerlukan tindakan luar biasa,” begitu kata Mrs. Bartolotti.

Mrs. Bartolotti, Kitti, dan Mr. Egon sangat menyayangi Konrad dan bagaimana pun orang-orang dari pabrik itu tak bisa mengambil Konrad.

***

Unik dan lucu. Christine Nöstlinger menyuguhkan cerita yang tidak biasa. Kehidupan wanita nyentrik yang hidup sendiri dan bekerja menenun permadani tiba-tiba berubah karena kehadiran seorang anak laki-laki. Punya anak laki-laki yang sempurna membuat Mrs. Bortolotti agak kebingungan dan berusaha menjadi ibu yang baik walaupun tak bisa meninggalkan ke-nyentrik-annya. Konrad berusaha jadi anak laki-laki biasa, demi Kitti, tapi itu berlawanan dengan didikan yang diterimanya dari pabrik. Tapi anak laki-laki sesekali nakal kan tidak apa-apa.

Christine Nöstlinger seorang penulis Austria yang lahir pada 13 Oktober 1936. Kebanyakan karyanya adalah cerita anak-anak. Konrad si Anak Instan merupakan salah satu karyanya yang pertama kali diterbitkan di Hamburg tahun 1975 dan memperoleh Batchelder Award pada tahun 1979.

 

 

Detail buku:

Konrad si Anak Instan karya Christine Nöstlinger

Gambar sampul dan ilustrasi oleh Frantz Wittkamp

Diterbitkan 2003 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN 9792204806

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s