Novel

Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler – E. L. Konigsburg

Dari arsip campur aduk Mrs Basil E Frankweiler

Novel ini mengingatkan saya pada Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken. Mungkin karena tokohnya dua bersaudara perempuan dan laki-laki, melibatkan petualangan, rahasia, seorang wanita tua yang nyentrik, dan hasil korespondensi yang dibukukan. Selain kesamaan itu, ceritanya benar-benar berbeda.

***

Claudia memutuskan untuk kabur dari rumah. Ia merencanakannya dengan sangat hati-hati. Ia juga memilih teman kabur yaitu Jamie, adik laki-lakinya kedua termuda. Claudia punya tiga adik laki-laki dan menurutnya Jamie yang paling tepat untuk diajak kabur karena anak itu pelit dan pasti punya uang. Kabur dari rumah kan butuh uang, ia sendiri menabung untuk itu.

Ketika saat yang ditentukan tiba, Claudia dan Jamie pun pergi ke Museum Seni Metropolitan di New York. Tujuan kabur yang nyaman, mereka tinggal di sana tepat seperti yang direncanakan. Claudia yang mengatur kegiatan mereka selama kabur dan Jamie yang mengatur keuangan. Banyak hal yang bisa mereka pelajari di museum, jadi mereka tidak bosan. Tapi Claudia tidak puas, ia ingin merasakan sesuatu yang berbeda.

Ada sebuah patung malaikat yang sangat indah di museum namun para ahli sekalipun tidak tahu siapa pemahatnya. Claudia memutuskan tidak akan pulang sebelum memecahkan misteri itu. Kedua kakak beradik itu pun melakukan penyelidikan hingga membawa mereka pada Mrs. E. L. Konigsburg, pemilik sebelumnya patung itu yang menjualnya dalam lelang dan dibeli oleh Museum Seni Metropolitan dengan harga sangat murah.

Claudia berharap mendapat jawaban dari Mrs. Konigsburg mengenai siapa pemahat patung tersebut. Namun, ternyata Mrs. Konigsburg memberi penawaran yang lebih menggembirakan bagi Claudia selain kebenaran, yaitu sebuah rahasia. Dengan begitu, Claudia bisa pulang dengan berbeda.

***

Cerita ini membuat kabur dari rumah itu nyaman dan menyenangkan. Yah, asal direncanakan dengan sangat hati-hati. Dan Claudia seorang perencana yang hebat dan punya rekan yang cermat. Claudia tak ingin kabur selamanya, tapi apa gunanya pulang ke rumah dengan keadaan yang sama seperti saat kau kabur? Itu yang ada dalam pikiran Claudia.

Dalam cerita yang tokohnya kakak-adik, saya selalu suka interaksinya. Claudia dan Jamie punya karakter yang sangat berbeda dan mereka sering berbantahan, tapi keduanya saling melengkapi. Hanya saja, menurut saya keduanya berpikiran terlalu dewasa untuk ukuran anak-anak seusia mereka. Selain itu, ceritanya kurang menegangkan karena Claudia dan Jamie tidak menghadapi masalah berarti saat menyusup dan tinggal di museum.

***

Elaine Lobl Konigsburg adalah seorang penulis dan ilustrator Amerika untuk buku anak-anak dan dewasa muda. Ia lahir 10 Februari 1930 dan meninggal pada 19 April 2013. Bukunya Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler (From the Mixed-Up Files of Mrs. Basil E. Frankweiler) yang diterbitkan tahun 1967 memenangkan Newbery Medal pada tahun 1968. Pada tahun yang sama, bukunya Jennifer, Hecate, Macbeth, William McKinley, and Me, Elizabeth memenangkan Newbery Honor. Konigsburg memenangkan Newbery Medal untuk kedua kalinya tahun 1997 untuk bukunya The View from Saturday.

Newbery Medal diberikan pertama kali tahun 1923 oleh Frederic G. Melcher sebagai dorongan untuk buku anak-anak yang berkualitas. Diberi nama berdasarkan John Newbery, penerbit dan penjual ternama buku anak-anak pada abad ke-18. Sekarang ini Newbery Medal didonasi oleh keluarga Melcher dan dipersembahkan oleh Association for Library Service to Children, sebuah divisi dari American Library Association.

 

 

Detail Buku:

Dari Arsip Campur Aduk Mrs. Basil E. Frankweiler oleh E. L. Konigsburg

Alih bahasa: Cuning K. Goenadhi

Editor: Poppy Damayanti

Diterbitkan 2007 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN 9792227733

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s