Novel

​Cell (Seluler) – Stephen King

Saya sudah lama pengen baca novelnya Stephen King. Terutama karena film-filmnya yang keren. Tapi ternyata susah dapat novelnya di perpusda atau saya yang kurang berusaha untuk cari. Hampir dua minggu yang lalu akhirnya saya dapat juga salah satu novelnya yang berjudul Cell (Seluler). Cell ini sebuah novel science fiction yang bisa digolongkan dalam zombie apocalypse

Sebuah fenomena yang disebut dengan Gelombang menyebar melalui ponsel, mengubah manusia menjadi liar. Clayton Riddell sedang berada di tengah kota Boston saat bencana itu terjadi. Ia melihat keadaan yang normal tiba-tiba berubah kacau di depan matanya. Ia pun langsung teringat pada istrinya Sharon dan putranya Johnny yang sedang berada di Maine, ratusan kilometer dari tempatnya berada. 

Clay berusaha untuk pulang ke Maine dengan beberapa orang yang selamat. Berjalan dalam gelap dan bersembunyi saat siang karena siang hari dikuasai oleh manusia-manusia ponsel, Clay dan teman-teman seperjalanannya, Tom dan Alice, berjuang mengatasi kengerian dan kehilangan, menjaga agar diri mereka sendiri tetap waras. 

Sebuah petunjuk mengarahkan mereka ke KASHWAK = NO – FO. Sebuah tempat yang memberikan harapan atau ancaman?

Saat membaca Cell, dalam pikiran saya langsung terlintas World War Z dan I’m Legend. Dua film zombie apocalypse itu merupakan favorit saya. Walaupun manusia-manusia ponsel dalam Cell tidak terinfeksi oleh virus aneh, tetap saja mirip. Bedanya, otak manusia yang di-reset melalui pancaran gelombang ponsel sehingga menjadi liar dan memiliki kesadaran kolektif. 

Cerita seperti ini memang lebih seru kalau nonton filmnya. Bisa dibilang saya baca cepat dan kurang menikmati. Selain itu, banyak lelucon tentang buku maupun film Amerika yang nggak saya pahami. Tapi karena saya bertahan baca sampai akhir dan termasuk maraton juga, novel ini saya beri 3 bintang di Goodreads. Itu karena saya penasaran sama evolusi yang terjadi pada manusia ponsel dan teori-teori yang dikemukakan oleh Jordan, bocah penggemar video game dan komputer yang bergabung dengan Clay. 

Sebenarnya, untuk cerita zombie apocalypse—jika dibandingkan dengan dua film yang saya sebut di atas—Cell kurang mengejutkan dan terlalu biasa. Semoga saya bisa dapat novel lain Stephen King yang lebih menarik. 

Detail buku:

Cell (Seluler) oleh Stephen King

Diterbitkan 2008 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 9789792239102 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s