Novel

Bayangan Mengendap (Lockwood & Co. #4) – Jonathan Stroud

Setelah sukses dengan Bartimaeus Trilogy, Jonathan Stroud menerbitkan seri Lockwood & Co. yang bercerita tentang Inggris di masa epidemi hantu. Agensi-agensi berdiri untuk memerangi para Pengunjung yang tidak hanya mengganggu tapi juga membahayakan jiwa manusia. Lockwood & Co. merupakan agensi kecil yang dipimpin seorang remaja, Anthony Lockwood. Diceritakan dari sudut pandang Lucy Carlyle, agen muda berbakat yang bergabung dalam Lockwood & Co.

Buku pertama dan kedua sangat keren dan menegangkan. Sayangnya buku ketiga, Pemuda Berongga (The Hollow Boy), agak mengecewakan di alur cerita. Namun, Jonathan Stroud kembali memanjakan pembaca setianya di buku keempat Lockwood & Co., Bayangan Mengendap.

Lucy menjadi operatif lepas setelah keluar dari Lockwood & Co. Dia menjadi konsultan yang disewa berbagai agensi karena bakat pendengaran dan keefektifan kerjanya, tak terlupa juga karena ada Tengkorak dalam kotak kaca yang setia menemaninya. Walaupun begitu, Lucy tak bisa melupakan begitu saja masa-masa kerjanya bersama Lockwood dan George, juga Holly, si anggota baru.

Lockwood berulang kali membujuk Lucy untuk kembali, tetapi gagal. Hingga Lockwood datang sendiri ke apartemen kecil Lucy, bukan untuk memintanya kembali, tetapi menyewa jasanya. Lockwood & Co. mendapat sebuah kasus dari Penelope Fittes yang membutuhkan keahlian Lucy.

Kejadian-kejadian misterius tentang Sumber yang seharusnya dimusnahkan tetapi muncul lagi di pasar lelang gelap, memperpanjang kerja sama Lucy dengan Lockwood, terutama karena nyawa Lucy terancam jika kembali ke apartemennya.

Mereka juga menerima panggilan dari sebuah desa kecil di mana intensitas Pengunjung meningkat, jatuhnya korban jiwa, dan munculnya Bayangan Mengendap yang misterius. Misi mereka menyelesaikan Masalah di sana menuntun pada petunjuk-petunjuk yang mereka butuhkan untuk memecahkan misteri Sumber yang diselundupkan dan menemukan Tengkorak yang diculik dari apartemen Lucy.

Bekerja bersama lagi dengan kawan-kawan lamanya membuat Lucy menyadari bahwa tak ada yang bisa mengisi kekosongan hatinya selain mereka. Bahkan Holly berkurang menyebalkannya di buku ini. Dan Lockwood juga jadi sangat manis XD

Buku keempat masih meninggalkan pertanyaan-pertanyaan seputar Masalah. Demikian juga misteri yang berkaitan dengan Penelope Fittes, pemimpin agensi terbesar di London.

 

 

Detail buku:

The Creeping Shadow – Bayangan Mengendap (Lockwood & Co. #4) oleh Jonathan Stroud

Diterbitkan September 2017 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 9786020351353

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s