Komik

When You Wish Upon A Star – Takanori Nakagawa

Akhir-akhir ini setiap kali datang ke perpusda, buku yang saya ambil adalah komik dan langsung baca di tempat. Biasanya cari komik romantis yang ceritanya bagus. Saya dan adik sepakat kalau cerita romantis dari komik lebih asyik dinikmati daripada novel. Kami berdua sama-sama tidak terlalu suka baca novel romantis.

Saya sering bingung kalau mau mengulas komik, yang ada malah menceritakan kembali. Yah, ini sebenarnya untuk saya baca sendiri sebagai pengingat walaupun rasanya tentu berbeda dengan baca komiknya langsung. Jadi, kalau tidak mau spoiler, jangan baca ulasan saya tentang komik.

Beberapa minggu lalu saya menemukan komik berjudul “When You Wish Upon A Star” karya Takanori Nakagawa. Dari sinopsis di bagian belakang sih ini komik fantasi romantis. Tapi gambarnya berbeda dengan komik kebanyakan. Menurut pandangan pertama saya, gambarnya enggak cantik, tapi punya ciri khas. Malah saya kira ini komik lama, ternyata terbit tahun 2013.

When You Wish Upon A Star menceritakan tentang Hikaru dan adik kembarnya, Kaguya. Tepat sebelum libur panas dimulai, mereka dipanggil kakek mereka untuk datang ke rumahnya. Kakak beradik itu dijemput oleh laki-laki bernama Tanaka-kun, seorang yang mengaku sebagai bintang yang menjadi manusia.

Ternyata pekerjaan kakek Okina adalah mentransformasi bintang, mengubah bintang jatuh—lebih tepatnya meteor (untuk selanjutnya akan disebut bintang)—menjadi manusia. Jadi, bintang yang jatuh ke bumi itu merupakan antusiasme bintang. Karena mereka sifatnya antusias, kalau tidak mereka tidak akan datang ke bumi, demikian kata Tanaka. Siapapun bisa mengubah bintang menjadi manusia, asal memiliki peralatan yang tepat.

Banyak juga orang yang pekerjaannya mentransformasi bintang. Mereka mencari tempat di mana bintang baru saja jatuh atau akan jatuh. Karena untuk bisa jadi manusia, bintang itu harus baru jatuh dari langit.

Kakek Okina mengajak kedua cucunya untuk mentransformasi bintang atas permintaan Sachiko, almarhum ibu Hikaru dan Kaguya. Bintang akan mengabulkan satu permohonan orang yang mengubahnya menjadi manusia. Malam itu ada tiga bintang jatuh yang dinamai Hana (kakek Okina), Alice (Kaguya), dan Sakurai (Hikaru).

Sebuah pergumulan yang dialami oleh keluarga Hikaru adalah kematian ayah mereka. Kepala keluarga Fujiki itu meninggal akibat penusuk liar. Saat itu Hikaru kelas 2 SMP. Pembunuh yang juga melukai beberapa orang lain tersebut telah ditangkap dan divonis hukuman mati. Walaupun begitu, Hikaru masih sering bermimpi buruk karena hal itu dan Kaguya masih belum bisa memaafkan pembunuh ayahnya. Tetapi ternyata selama ini kakek Okina berkorespondensi dengan Kano, si pelaku kejahatan.

Hikaru dan Kaguya harus cepat memutuskan apa permohonan mereka karena angin kegelapan akan datang dan membawa pulang para antusiasme bintang. Bintang tidak bisa mengabulkan permohonan yang tidak realistis, seperti menghidupkan orang mati atau menghilangkan mimpi buruk.

Tak disangka, Kakek Okina sangat terkenal di antara para bintang. Sebelum angin kegelapan datang, banyak bintang yang datang berkunjung ke rumah. Antusiasme bintang dalam berbagai ukuran. Di sini pembicaraannya sangat ilmiah. Dari ledakan supernova sampai revolusioner bintang yang memunahkan dinosaurus.

Kaguya sudah membuat permohonannya, tapi dia bermaksud mengubahnya, yang ternyata tidak mungkin. Dia meminta Alice untuk membunuh Kano. Maka, Kaguya meminta pada Hikaru yang belum membuat permohonan agar menghentikan Alice. Setelah menerima permohonan Hikaru, Sakurai pun segera melesat menyusul Alice.

Kaguya berubah pikiran tentang permohonannya setelah menerima karangan bunga di ulang tahun mereka yang ke-17 dari Oji dan Rose , sepasang bintang kembar yang ditransformasi oleh almarhum ibu mereka sebelum meninggal karena kanker. Karangan bunga ulang tahun itu adalah permohonan dari almarhum ibu mereka. Kaguya memutuskan untuk tidak lagi dibelenggu oleh kebencian. Seperti Kakek Okina yang berkorespondensi dengan Kano, dan Hikaru yang ingin membaca surat kakek dengan Kano.

Alhasil, kedua permohonan yang bertolak belakang itu membuat Alice dan Sakurai berkelahi dengan hebat. Namun, perkelahian itu pun berakhir dengan datangnya angin. Berhati-hatilah saat mengucapkan permohonan.

Apa yang membuat Kakek Okina terkenal di antara para bintang? *kasih tahu nggak yaaa* Ini bagian favorit saya sebenarnya XD Sedih lucu gimanaaa gitu.

Ternyata Kakek Okina telah melakukan sebuah perbuatan hebat yaitu mentransformasi bintang menjadi bentuk selain manusia, yaitu Chiro, yang selama ini dikenal Hikaru dan Kaguya sebagai anjing kakek. Maka, Chiro pun terbang terbawa angin bersama bintang lainnya. Hal itu disembunyikan Kakek Okina karena ingin membuat Hikaru dan Kaguya terkejut. Tapi, mereka lebih dari terkejut, mereka kesepian! Aduh, Kakek Okina.

Kalau tadi saya bilang ini komik fantasi romantis, setelah selesai baca pendapat saya berubah. Menurut saya komik ini adalah komik fiksi sains. Walaupun fantasinya sangat kental, ada pembahasan tentang materi gelap, supernova, asteroid, dan teori kepunahan. Kisah cintanya hampir tidak ada walaupun diceritakan sedikit tentang Hikaru yang jatuh cinta pada Hana tapi ditolak mentah-mentah, karena sebenarnya bintang itu tidak memiliki jenis kelamin seperti manusia.

Cerita tentang keluarga, fantasi, sains, dan perubahan hati manusia membuat komik ini sangat berbobot. Takanori Nakagawa memadukannya dengan menarik. Oh, dan sentuhan humor juga 😀

Detail buku:
When You Wish Upon A Star (Hoshi ni Negai wo) oleh Takanori Nakagawa
Alih bahasa oleh Olce Balukh
Diterbitkan 2014 oleh PT. Gramedia (2013 oleh Kodansha LTd., Tokyo)
ISBN 9786022667469

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s