Novel

Sebuah Kasus Kebutuhan – Michael Crichton

img_20180726_154512.jpg

Sebuah Kasus Kebutuhan (A Case of Need) karya Michael Crichton bisa dibilang novel yang cukup berat buat saya. Sudah lumayan lama saya tidak baca novel genre ini. Walaupun begitu, saya sangat menikmati alur ceritanya yang semi-detektif dengan banyak istilah medis di dalamnya.

Dr. John Berry adalah seorang patolog di salah satu rumah sakit di Boston. Dia mendapat kabar bahwa salah satu rekan dokternya, Art Lee, ditangkap dan dipenjara atas tuduhan aborsi yang menyebabkan kematian. Dr. Berry yang percaya bahwa Art Lee tidak melakukan tindak aborsi tersebut berusaha mencari bukti-bukti untuk membebaskan sahabatnya itu sebelum sidang pengadilan.

Dr. Berry pun menelusuri segala hal yang bisa diperolehnya mengenai Karen Randall, korban yang masih berusia delapan belas tahun, anak seorang dokter terkenal di Boston. Ada kejanggalan dari hasil autopsi jenazah Karen, chart medisnya yang menimbulkan pertanyaan, karakter asli Karen yang terkuak setelah dr. Berry menemui orang-orang yang pernah dekat dengan Karen. Namun, apakah semua orang yang ditemuinya berbicara dengan jujur, atau ada yang ditutup-tutupi? Terlebih keluarga Randall merupakan keluarga tua yang sangat disegani.

Selain menggunakan kemampuan analisis medisnya, dr. Berry harus menganalisis semua informasi yang diperolehnya untuk menemukan ketidakcocokan fakta. Beratnya tekanan dari masyarakat pada keluarga Art Lee mendorongnya untuk segera menyelesaikan kasus ini walaupun nyawanya sendiri terancam.

Michael Crichton menulis novel ini pada usia 26 tahun, tidak lama setelah menyelesaikan pendidikan dokternya (internship medical), dan memenangkan Edgar Award pada tahun 1969, sebuah penghargaan cerita misteri di Amerika. Alur ceritanya cepat dan tidak membosankan. Istilah-istilah medis yang bertebaran dalam novel ini menambah pengetahuan saya sebagai orang awam, terutama karena menyatu dengan alur cerita. Beberapa informasi tambahan juga ada pada lampiran yang cukup panjang di bagian belakang buku, jika tidak malas membacanya.

Saya hanya kesulitan mengingat nama tokoh-tokohnya. Banyak tokoh yang muncul sebentar-sebentar dalam novel ini sehingga membuat saya kadang lupa saat nama itu muncul lagi di bab-bab setelahnya. Tapi karena malas buka-buka lagi halaman depan, saya teruskan saja baca sambil mengingat-ingat.

Detail buku:

Sebuah Kasus Kebutuhan (A Case of Need) oleh Michael Crichton

Diterbitkan 1996 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

(terbit pertama kali tahun 1968)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s