Novel

The Never Girls: Dari Kabut – Kiki Thorpe

The Never Girls_Dari Kabut

Akhir tahun 2017 saya melihat jajaran seri Disney Fairies: The Never Girls di rak salah satu toko buku di Semarang. Saya pun beli salah satu seri dan jatuh cinta saat membaca ceritanya. Maka, saya memutuskan untuk mengoleksi semua serinya! Dari Kabut merupakan buku kedua yang saya beli, tapi kalau dari urutan serinya, judul ini seri keempat. Cerita tiap buku berdiri sendiri, jadi tidak masalah bacanya lompat-lompat.

~~~

Kate, Mia, Lainey, dan Gabby, adik Mia, menemukan portal rahasia ke Pixie Hollow, dunia peri di pulau Never Land. Sebenarnya portal itulah yang menemukan mereka. Portal ajaib itu tidak selalu berada di tempat yang sama, tapi selalu berada di tempat di mana bisa ditemukan oleh keempat gadis itu. Waktu di dunia peri tidak sama di dunia manusia. Mereka bisa saja berada berjam-jam di Pixie Hollow, tapi di dunia manusia baru beberapa menit.

Kali ini ada keanehan saat mereka memasuki dunia peri yang portalnya berada di kamar Gabby. Seluruh Pixie Hollow tertutup kabut, padahal biasanya matahari selalu bersinar cerah. Ratu Clarion memerintahkan agar semua peri tinggal di Rumah Pohon dan tidak ada yang boleh terbang, kecuali para peri pengintai, agar tidak terjadi kecelakaan.

Di tengah kabut tebal, tiba-tiba muncul sekelompok kuda di padang, Kuda Kabut. Silvermist, peri bakat air, teringat sebuah kalimat dari legenda kuno mengenai kabut dan kuda. Menurutnya Kuda Kabut membawa masalah, tapi dia tidak yakin masalah apa.

Peri-peri lain dan para gadis sibuk memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan di Rumah Pohon untuk menghabiskan waktu hingga kabut menghilang, kecuali Kate. Kate sangat menyukai petualangan dan hal-hal seru. Menurutnya membuat baju boneka bersama Mia dan para peri tidak menarik. Menurutnya Kuda Kabut sangat menarik. Jadi, dia kembali ke padang.

Seekor kuda betina mendatangi Kate yang berdiri di pinggir padang. Walaupun Kate belum pernah menaiki kuda sungguhan, tapi dia menaiki Kuda Kabut itu yang membawanya berkeliling Never Land.

Silvermist mencari-cari tentang legenda Kuda Kabut di perpustakaan Rumah Pohon. Apa yang ditemukannya sangat mengejutkan. Meskipun legenda tidak selalu benar, mungkin saja ada kebenaran di dalamnya. Setelah menyampaikan tentang legenda itu pada Ratu Clarion, sang ratu pun menunjuk Silvermist memimpin pencarian Kate bersama gadis-gadis lain.

Sementara itu, Kate dan kuda yang diberinya nama Cloud, mencari kawanan Kuda Kabut yang tidak ada lagi di padang hingga semakin jauh dari Pixie Hollow. Walaupun sempat merasa khawatir, Kate sangat menikmati perjalanan menunggang Kuda Kabut.

Keraguan-raguan sempat menyerang Silvermist saat mereka tidak menemukan Kate padahal sudah mengikuti jejak kaki kuda. Namun, mereka harus segera menemukan Kate sebelum terlambat.

~~~

Dari keempat gadis, kali ini yang menjadi tokoh utama adalah Kate. Karakternya sebagai gadis yang suka petualangan tergambarkan dengan jelas. Sedangkan dari sisi para peri, tokoh utamanya adalah Silvermist. Air merupakan bakat utamanya, tapi kabut yang menutupi Pixie Hollow membuatnya tidak tenang. Dan dia harus berani mengambil keputusan saat memimpin para gadis menemukan Kate.

Walaupun cukup menegangkan, alur ceritanya sebenarnya ringan dengan akhir cerita yang sangat manis. Saya suka cerita yang seperti ini, ditambah penggambaran bagian-bagian Never Land, di antaranya suasana Hutan Sulur, bukit, dan Sungai Wough yang berselimut kabut yang dilengkapi dengan ilustrasi imut oleh Jana Christy.

 

 

Detail buku:

The Never Girls: Dari Kabut (From the Mist) oleh Kiki Thorpe

Ilustrasi oleh Jana Christy

Diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

Cetakan Kedua Februari 2017

112 halaman

ISBN 9786020328171

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s