Novel

Jurassic Park – Michael Crichton

Jurassic Park_Michael Crichton

Saya baru tahu kalau film Jurassic Park itu diangkat dari sebuah novel berjudul sama karya Michael Crichton. Tahunya sih sudah lama, sejak beberapa tahun lalu saat melihat novel ini di rak perpustakaan. Tapi sejak pertama kali nonton filmnya sampai sebelum menemukan novelnya, saya nggak tahu. Hehe.

Jurassic Park merupakan salah satu film favorit saya. Dulu film ini sering sekali diputar di televisi nasional, sampai saya bosan nontonnya.

Biasanya kalau sudah nonton filmnya, jadi kurang tertarik baca novelnya. Tidak ada bedanya dengan Jurassic Park. Tapi karena sudah lumayan lama terakhir kali nonton filmnya dan kebetulan tanggal 26 September yang lalu saya butuh bacaan untuk Bulan Literasi kota Semarang, maka saya pinjam novel ini.

IMG-20180907-WA0000.jpg

Diceritakan bahwa John Hammond, pengusaha kaya raya pemilik International Genetic atau InGen, sebuah perusahaan bioteknologi, mengundang para ahli yang pernah membantu perancangan proyek di Isla Nublar. Para ahli ini diharapkan dapat meninjau perkembangan proyek rahasia taman hiburan yang dipersiapkan untuk dibuka setahun lagi.

Tiga orang yang diundang ini adalah Ian Malcolm, ahli matematika; Alan Grant, profesor paleontologi; dan Ellie Sattler, ahli paleobotani. Selain itu, ada kedua cucu Hammond, Tim dan Lex.

InGen telah berhasil “menghidupkan kembali” dinosaurus melalui teknologi rekayasa genetik dengan memadukan DNA dinosaurus yang diekstraksi dari fosil nyamuk yang terperangkap dalam getah tumbuhan dengan DNA makhluk hidup lain. Proyek taman hiburan Jurassic Park pun sedang dalam tahap akhir. Namun, beberapa laporan mengenai serangan raptor di desa terdekat, di seberang Isla Nublar, menimbulkan pertanyaan apakah sistem keamanan Jurassic Park benar-benar aman dan rekayasa genetik mereka benar-benar sudah dalam kendali. Atau proyek ini terancam gagal.

Memang lebih seru nonton filmnya. Kekaguman melihat dinosaurus yang seharusnya sudah punah, keindahan lanskap Isla Nublar, ketegangan saat diserang tyranosaurus, dan efek kejutan lainnya. Walaupun begitu, ada banyak hal juga yang bisa didapatkan dari membaca novel yang tidak disampaikan di film. Paparan-paparan ilmiah dari Ian Malcolm sang matematikawan, analisis Alan Grant mengenai perilaku dinosaurus, pengetahuan Ellie Sattler mengenai jenis tanaman yang ada di kawasan Jurassic Park, serta hal-hal teknis berkaitan dengan pengelolaan taman hiburan tersebut.

Saya sangat tertarik dengan Teori Kaos (chaos) yang disampaikan Ian Malcolm,

Linearitas lurus, yang kita terima begitu saja sebagai realitas dalam segala segi kehidupan mulai dari fisika sampai fiksi, sebenarnya tidak ada. Kehidupan nyata bukan serangkaian kejadian yang saling terkait seperti manik-manik pada seuntai kalung. Kehidupan sesungguhnya merupakan serangkaian kejadian yang saling mempengaruhi dengan cara yang tak dapat diramalkan. Itulah hakikat unsur jagat raya kita. Tapi, entah kenapa, kita selalu mengabaikannya.

Jadi, sejak awal Ian Malcolm sudah memperkirakan kegagalan Jurassic Park. Walaupun segala hal sudah direncanakan dengan begitu matang, tetap akan ada hal-hal yang membuat kacau.

Saya tidak ingat apakah di film Lex bertingkah menyebalkan. Tapi di novelnya iya. Dan Alan Grant sangat sabar menghadapi anak ini—mau bagaimana lagi.

Sayang sekali saat baca novel ini ada beberapa halaman yang hilang. Rasanya seperti terhempas sangat keras ke dunia nyata saat sedang dalam reading-trance-mode xp

 

Detail buku:

Jurassic Park (Taman Jurassic) oleh Michael Crichton

Diterbitkan 1997 oleh PT. Gramedia Pustaka Utama

ISBN: 979605535X

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s