Novel

Sweetly – Jackson Pearce

Sweetly

Tak Semua Hal Semanis Kelihatannya

Gretchen dan Ansel, kakaknya, kehilangan saudari mereka saat masih kecil. Kembaran Gretchen lenyap di hutan ketika mereka melarikan diri dari sesuatu yang mengejar mereka. Gretchen menganggap itu adalah penyihir. Kejadian itu terus menghantui mereka hingga mereka dewasa dan pergi meninggalkan rumah—lebih tepatnya diusir oleh ibu tiri mereka—setelah ayah mereka meninggal. Mereka pun terdampar di sebuah kota kecil bernama Live Oak karena mobil mereka mogok di perjalanan. Butuh uang untuk memperbaiki mobil, mereka pun menumpang dan bekerja di rumah Sophia, seorang gadis pembuat cokelat.

Cerita disampaikan melalui sudut pandang Gretchen dan banyak menuturkan pemikiran-pemikiran serta kegelisahannya. Agak membosankan di tengah cerita karena hanya menceritakan keseharian Gretchen dan Ansel selama tinggal di Live Oak bersama Sophia. Tapi sebenarnya dari situ ada petunjuk-petunjuk mengenai apa yang selama ini dianggap penyihir oleh Gretchen dan misteri hilangnya gadis-gadis Live Oak.

Kedekatan Gretchen dengan Samuel membawa perubahan pada diri Gretchen. Terutama karena melalui Samuel dia tahu apa sebenarnya yang selama ini dianggapnya penyihir. Dan mereka bisa dibunuh. Perlahan-lahan dia meninggalkan ketakutannya di belakang dan meraih dirinya yang baru.

Sepanjang cerita cukup menegangkan karena adanya rahasia-rahasia yang disembunyikan Sophia, sikapnya yang aneh, dan kehidupan sunyi di Live Oak dengan hutan-hutannya. Cerita baru seru di bagian akhir, pada malam Festival Cokelat yang diselenggarakan Sophia.

Sayangnya masih banyak hal yang misterius dari cerita ini, termasuk Samuel. Walaupun begitu, interaksi antara Samuel dan Gretchen cukup manis dan menjadi secercah cahaya dalam cerita yang suram ini. Samuel yang pada awalnya adalah pemuda dingin yang menyebalkan, sedikit demi sedikit menjadi pemuda yang perhatian dengan perubahan yang hampir tidak kentara.

Sweetly merupakan buku kedua dari seri Fairytale Retellings, tapi dapat dibaca terlepas dari seri sebelumnya.

 

 

Detail buku:

Sweetly oleh Jackson Pearce

Diterbitkan 2011 oleh Penerbit Atria, Jakarta

ISBN 9789790244856

Tebal 408 halaman

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s