Tentang Buku

Hobi Baca Buku tapi Modal Tipis, Ini Tipsnya

Saya suka sekali membaca, tapi karena keterbatasan dana saya tidak bisa selalu membeli setiap buku yang ingin saya baca. Jadi, inilah beberapa hal yang saya lakukan supaya bisa terus membaca.

Menjadi anggota perpustakaan 

Di mana lagi tersedia banyak buku yang bisa dipinjam gratis kalau bukan di perpustakaan. Saya menjadi anggota Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang menyediakan layanan peminjaman maksimal 2 buku selama 2 minggu. Pendaftarannya gratis, syaratnya harus warga Semarang dan menyertakan fotokopi KTP, bagi pelajar dan mahasiswa menyertakan surat keterangan dari sekolah atau universitas masing-masing.

Pinjam Teman

Dulu bacaan saya banyak berasal dari pinjam teman. Sekarang sudah jarang pinjam ke teman lagi sih, tapi kalau ada teman yang punya buku menarik masih suka pinjam juga.

Datang ke bazaar buku

Bazaar buku selalu menarik minat saya. Kadang di bazaar buku saya bisa menemukan buku yang sedang saya cari dengan harga murah, atau menemukan buku-buku menarik lainnya dengan harga yang lebih murah daripada di toko buku besar.

Beli buku bekas secara online

Hal ini yang mulai sering saya lakukan. Selain lebih irit, juga lebih praktis. Walaupun tidak semua buku yang saya cari tersedia di toko online, koleksi saya mulai bertambah dengan buku-buku bekas hasil buruan di toko online. Buku-buku itu pada umumnya masih dalam kondisi bagus, beberapa bahkan masih seperti baru. Memang harus pandai memilih hanya berdasarkan foto dan deskripsi produk. Selain dari kedua hal itu saya juga melihat kota asalnya. Biasanya saya pilih yang paling dekat karena semakin jauh tentu biaya pengirimannya semakin mahal.

Bertukar buku

Saya belum pernah melakukan yang ini, tapi sepertinya cukup menarik. Di beberapa event bazaar ada kegiatan tukar buku. Jadi, kita membawa buku yang ingin ditukarkan dan dikumpulkan ke panitia. Lalu pada hari yang sudah ditentukan, kita bisa memilih buku lain yang sudah terkumpul. Persyaratannya bisa berbeda-beda di setiap event.

 

So, dengan beberapa tips di atas modal tipis bukan halangan buat saya untuk terus membaca ;D

One thought on “Hobi Baca Buku tapi Modal Tipis, Ini Tipsnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s