Nonfiksi

Hypnotic Diary #DietKenyang – Dewi Hughes

hypnotic diary_dewi hughes

Siapa sih yang tidak kenal dengan Dewi Hughes? Walaupun sudah lama tidak melihat sosoknya dan mendengar namanya, saya masih ingat dulu semasa sekolah pernah melihat Dewi Hughes menjadi pembawa acara di televisi. Setelah bertahun-tahun yang sangat lama itu, saya mendengar lagi namanya diucapkan oleh seorang rekan. Awalnya saya agak lupa siapa Dewi Hughes, sepertinya nama itu tidak asing, kemudian mulai ingat samar-samar.

Penasaran dengan tipe diet oleh Dewi Hughes yang disebutkan rekan saya, saya pun mencari di YouTube. Dan WOW saya terkejut. Dewi Hughes ternyata sudah bertransformasi. Dari yang dulunya gemuk sekarang menjadi langsing. Luar biasa! Namun, senyum lebarnya yang khas dan nada suaranya yang ramah itu masih melekat.

Saya menonton beberapa videonya di YouTube. Ada video motivasi untuk hidup sehat, tutorial masakan berbahan utama buah dan sayur, juga kisah hidupnya yang memutuskan untuk mengubah pola hidup. Dewi Hughes juga sudah menerbitkan dua buku terkait diet kenyang.

Tanpa sengaja, saya menemukan Hypnotic Diary #DietKenyang di perpustakaan. Buku bersampul tebal itu langsung saya baca. Isinya mengenai awal mula Dewi Hughes memilih hidup sehat. Ternyata dulunya Dewi Hughes tidak mengontrol apapun yang ingin dia makan. Lalu, barulah setelah sakit terkapar karena over weight dia mulai memikirkan untuk hidup sehat melalui apa yang dia makan.

Sejak memutuskan untuk hidup sehat, Dewi Hughes tidak lagi makan nasi, mengonsumsi gula, maupun produk olahan lainnya. Semua yang dikonsumsinya berasal dari bahan-bahan segar atau real food, yaitu sayur dan buah segar, daging yang dipanggang atau dibakar (bukan digoreng). Termasuk cemilan juga dari sayur dan buah. Dan tetap bisa makan sampai kenyang, sehingga oleh teman-temannya disebut dengan diet kenyang.

Pengalaman yang disampaikan Dewi Hughes dalam buku setebal 164 halaman ini sangat berkesan dan penuh perenungan. Dewi Hughes juga memberikan resep-resep hasil eksperimennya yang cukup praktis untuk orang yang tidak pandai masak sepertinya. Bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan dan dapat dengan mudah dipraktikkan. Totalnya ada 21 resep dengan nama-nama unik.

Proses dari gemuk menjadi kurus yang dialami Dewi Hughes tidak terjadi dalam waktu singkat. Selama 18 bulan dia berhasil menurunkan berat badannya lebih dari 80 kg. Dan dia terus menjalani hidup sehat dengan bahagia, lebih bahagia daripada sebelumnya walaupun banyak godaan dan kata-kata yang dapat menurunkan semangat selama prosesnya.

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, bisa mencoba diet kenyang oleh Dewi Hughes. Tapi yang terpenting sebenarnya hidup sehat, selain juga menerapkan pola berpikir yang benar dan terus mendekatkan diri pada Tuhan. Sedangkan menjadi kurus atau memiliki tubuh yang ideal adalah bonus. Hal tersebut berulang kali disampaikan oleh Dewi Hughes di video YouTube-nya maupun dalam bukunya. Karena jika berpegang pada pola pikir yang salah, semua usaha akan sia-sia dan justru tidak membahagiakan.

 

 

Detail buku:

Hypnotic Diary #DietKenyang oleh Dewi Hughes

Diterbitkan 2018 oleh PT. Grasindo, Jakarta

164 halaman

ISBN: 9786020502410

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s